Sabtu, 14 Mei 2011

Belajar PHP 2

0

Pada posting sebelumnya saya sudah membahas apa yang disebut dengn PHP, untuk posting ini saya akan membahas Tipe Data PHP.
Beberapa tipe data dalam PHP yaitu :
  • String
Yaitu tipe data yang penulisannya menggunakan tanda kutip tunggal( ‘ ) atau menggunakan tanda kutip ganda( “ ). Contoh :
$data_string =’Contoh String’;
$data_string =”Contoh String”;
Perbedaan antara penggunaan kutip itu adalah pada saat penggunaan variable. Jika menggunakan kutip tunggal maka apabila sebuah variable berisi data string dan berisi variable lain, yang terjadi adalah nilai dari variable tersebut akan dibaca atau tetap dicetak sesuai dengan nama variable itu sendiri dan variable yang lain tidak dapat dimasukan.
  • Integer
Adalah semua data yang meliputi atau berisikan bilangan bulat dan besarnya Range sama dengan data pada bahasa C (salah satu bahasa pemrograman) antara -2.147.483.647 sampai +2.147.483.647 pada platform 32 bit. Apabila data diluar range tersebut maka php akan secara otomatis mengkonversi data tersebut dari integer menjadi floating point.
  • Floating Point
Yaitu tipe data yang berisi bilangan pecahan atau bilangan decimal. Kisaran data Floating Point antara 1.7E-308 sampai 1.7E+308. Data ini bersifat decimal atau bentuk pangkat.
Contoh :
$data_desimal = 0.75;
$data_pangkat = 75.0e-4;
  • Array
Disebut juga data bertingkat yaitu data yang mengandung beberapa data didalamnya dan dibaca atau diindeks berdasarkan data numeric atau string.
Contoh :
Diindeks dengan numeric
$nama[1] =”Dian”;
$nama[2] =”Aulia”:
$nama[3] =”Putri”;
Diindeks dengan string
$kendaraan[‘mesin’]=”Mobil”;
$kendaraan[‘msin’]=”Motor”;
  • Object
Dapat berupa bilangan, variable, maupun fungsi. Tipe data ini dapat membantu programmer untuk membuat suatu program yang berorientasi objek. Tipe data ini dapat juga disertakan kedalam program, sehingga meringkas beberapa fungsi dan dapat memperkecil ukuran file, semakin kecil ukuran file maka akan semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengakses file.

No Response to "Belajar PHP 2"

Posting Komentar