Rabu, 16 November 2011

Active Server Pages (ASP)

1

Pengertian
Active Server Pages (ASP) adalah fasilitas server Web Microsoft yang diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1996. ASP merupakan model pemrograman berbasis server (server based) atau sering disebut pemrograman sisi server (server-side) yang memungkinkan developer membuat dokumen-dokumen web dinamis dan interaktif secara cepat dan mudah.
ASP merupakan teknologi server-side scripting, yang berarti segala proses programnya dilakukan di server sebelum dikirim ke client. Server-side scripting ini merupakan kebalikan dari client-side scripting, yang seluruh proses programnya dilakukan di client. Karena seluruh prosesnya berada di server, maka client akan menerima hasilnya saja.  Jelas server-side scripting ini lebih aman. Yang biasanya dikatakan sebagai halaman ASP, sebenarnya terdiri atas 3 bagian.
a.       ASP obyek., atau lebih tepat disebut Component Object Model (COM). ASP hanya terdiri atas 5 obyek yang sangat sederhana, tetapi karena digabungkan dengan struktur teknologi Microsoft lainnya, obyek ini menjadi sangat berguna. Kelima obyek tersebut adalah Request, Response, Server, Application, dan Session.

·         Obyek Request berisi informasi yang diterima dari  pengunjung web.
·         Obyek Response menerima output dari hasil pemrosesan halaman ASP dan mengirimkannya ke pengunjung web.
·         Obyek Server berfungsi menyediakan akses ke server.
·         Obyek Application menyediakan tempat penyimpanan bersama bagi semua halaman ASP.
·         Obyek Session menyediakan penyimpanan tetap bagi serangkaian interaksi dengan pengunjung web yang sama. Ia dapat juga berisi informasi yang dijalankan saat interaksi berjalan atau berhenti.
b.      Bahasa Scripting. Dalam bahasa scripting inilah object-object ASP dimanipulasi sesuai dengan yang kita kehendaki. Bahasa scripting yang diberikan oleh Microsoft adalah VBScript dan Jscript. Standarnya adalah VBScript, dan bahasa ini paling banyak dipakai oleh developer ASP di seluruh dunia.
c.       ActiveX Server Component. Object ASP hanyalah perekat antara halaman HTML dengan program yang berada di server. Bahasa scripting hanya digunakan untuk membuat alur logika yang diperlukan. Untuk masalah akses ke database, akses ke program lain, dan sebagainya, maka diperlukan ActiveX Server Component.
Dengan adanya ketiga bagian diatas, sebuah halaman ASP bisa menjalankan program-program yang cukup rumit di server. Kombinasi ini menghasilkan aplikasi web yang baik.
Active Server Pages (ASP) berisi sekumpulan script yang terlebih dahulu akan diproses di server sebelum dikirimkan ke client. Client hanya akan menerima dalam bentuk hypertext markup language (HTML). Script yang bisa ditangani oleh ASP adalah VBScript dan Java Script.
Terdapat dua elemen yang sangat penting di dalam ASP, yaitu:
·   Elemen pertama adalah script yang digunakan untuk menulis program
·   Elemen kedua adalah HTML .
Menulis script ASP dapat dimulai dengan menuliskan tag <script>. Kita juga dapat menuliskannya secara singkat dengan pasangan tag <% dan %>. Sintaksis penulisan ASP dapat dilihat pada contoh script di bawah ini:


<html>
<head>
<title>contoh1.asp</title>
</head>
<body>
<%
‘tulis skrip anda disini
%>
</body>
</html>
Contoh penulisan script pada asp




1 Response to Active Server Pages (ASP)

21 November 2011 pukul 18.25

well said...pointable...
Hire ASP .NET

Programmers

Posting Komentar