Kamis, 17 November 2011

XSLT( Extensible Stylesheet Language Transformations)

0

Merupakan suatu bahasa pedoman transformasi dokumen-dokumen XML menjadi bentuk lainnya, seperti HTML.XSLT adalah sebuah spesifikasi untuk memisahkan style dari konten saat membuat halaman HTML atau XML. Spesifikasi bekerja seperti template, memungkinkan desainer untuk menerapkan gaya dokumen tunggal untuk beberapa halaman. XSLT adalah spesifikasi gaya kedua yang ditawarkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) (www.w3c.org). Yang pertama, disebut Style Sheets Sheets (CSS), mirip dengan XSLT tetapi tidak termasuk dua inovasi utama XSLT yang memungkinkan pengembang untuk mendikte cara halaman Web dicetak, dan spesifikasi yang memungkinkan seseorang untuk mentransfer dokumen XMLT di seluruh aplikasi yang berbeda. Spesifikasi bermanfaat untuk mempercepat Web, aksesibilitas, dan pemeliharaan.
Halaman HTML menggunakan tag yang telah ditetapkan, dan makna dari tag ini adalah dipahami dengan baik: <p> berarti ayat dan <h1> berarti header, dan browser tahu bagaimana untuk menampilkan halaman ini. Dengan XML kita bisa menggunakan tag yang kita inginkan, dan makna dari tag ini tidak secara otomatis dipahami oleh browser: <table> bisa berarti tabel HTML atau mungkin sepotong mebel. Karena sifat XML, tidak ada cara standar untuk menampilkan dokumen XML. Dalam rangka untuk menampilkan dokumen XML, maka perlu memiliki mekanisme untuk menggambarkan bagaimana dokumen harus ditampilkan. Salah satu mekanisme ini Cascading Style Sheets (CSS), tetapi XSLT (eXtensible Stylesheet Language) adalah bahasa style sheet yang disukai XML, dan XSLT adalah jauh lebih canggih dari CSS yang digunakan oleh HTML.
XSLT terdiri dari dua bagian:
1. metode untuk mengubah dokumen XML
2. metode untuk format dokumen XML

Jika tidak memahami arti ini, pikirkan XSLT sebagai bahasa yang dapat mengubah XML menjadi HTML, bahasa yang dapat menyaring dan mengurutkan data XML dan bahasa yang dapat memformat data XML, berdasarkan nilai data, seperti menampilkan negatif angka dalam merah.
Apa yang bisa lakukan XSLT?
XSLT dapat digunakan untuk menentukan bagaimana sebuah file XML harus ditampilkan dengan mengubah file XML ke dalam format yang dikenali oleh browser. Satu format tersebut adalah HTML. Biasanya XSLT melakukan hal ini dengan mengubah setiap elemen XML ke elemen HTML. XSLT juga dapat menambahkan elemen baru ke dalam sepenuhnya file output, atau menghapus elemen. Hal ini dapat mengatur ulang dan mengurutkan elemen, menguji dan membuat keputusan tentang unsur-unsur untuk menampilkan, dan banyak lagi.
XSLT bahasa sangat berbeda dari CSS, dan melayani untuk kebutuhan yang berbeda. Model yang digunakan oleh XSLT untuk rendering dokumen pada layar dibangun berdasarkan bertahun-tahun bekerja pada bahasa ISO-standar gaya kompleks yang disebut DSSSL(Document Style Semantics & Specification Language). XSLT dirancang untuk lebih mudah digunakan daripada DSSSL, yang hanya untuk digunakan oleh programmer ahli.
"Mengapa dua bahasa Style Sheet”
 CSS dapat digunakan untuk dokumen HTML gaya. XSLT, di sisi lain, dapat mengubah dokumen. Sebagai contoh, XSLT dapat digunakan untuk mengubah data XML ke HTML / CSS dokumen pada server Web. Cara ini, dua bahasa saling melengkapi satu sama lain dan dapat digunakan bersama-sama. Kedua bahasa dapat digunakan untuk dokumen XML dan XSLT style CSS akan menggunakan model format yang sama yang mendasari dan desainer karena itu akan memiliki akses ke fitur format yang sama di kedua bahasa.

Catatan :
1.      XSLT merupakan aplikasi XML untuk menspesifikasikan aturan antara dokumen XML yang satu ditranformasikan menjadi dokumen XML lainnya.
2.       XSLT mirip dengan bahasa pemprograman.
3.      Tujuan pembuatan XSLT adalah untuk memilih-milah elemen dokumen yang akan dotampilkan sesuai dengan keinginan.
Contoh :
File XML :
<?xml version="1.0" encoding="ISO-8859-1"?>
<!-- Edited by XMLSpy® -->
<catalog>
      <cd>
                  <title>Bridge of Spies</title>
                  <artist>T`Pau</artist>
                  <country>UK</country>
                  <company>Siren</company>
                  <price>7.90</price>
                  <year>1987</year>
      </cd>
      <cd>
                  <title>Private Dancer</title>
                  <artist>Tina Turner</artist>
                  <country>UK</country>
                  <company>Capitol</company>
                  <price>8.90</price>
                  <year>1983</year>
      </cd>
</catalog>

File XSLT :
<?xml version="1.0" encoding="ISO-8859-1"?>
<!-- Edited by XMLSpy® -->
<XSLT:stylesheet version="1.0" xmlns:XSLT="http://www.w3.org/1999/XSLT/Transform">

<XSLT:template match="/">
 <html>
 <body>
      <h2>My CD Collection</h2>
     <table border="1">
              <tr bgcolor="#9acd32">
                  <th>Title</th>
                  <th>Artist</th>
              </tr>
      <XSLT:for-each select="catalog/cd">
          <tr>
            <td><XSLT:value-of select="title"/></td>
            <td><XSLT:value-of select="artist"/></td>
         </tr>
      </XSLT:for-each>
    </table>
  </body>
  </html>
</XSLT:template>
</XSLT:stylesheet>

Sumber :  www.w3school.com

No Response to "XSLT( Extensible Stylesheet Language Transformations)"

Posting Komentar