Rabu, 16 November 2011

Java Server Pages (JSP)

0
Pengertian
            Java Server Page (JSP) adalah suatu bahasa pemrograman web yang berjalan di platform java, serta merupakan bagian teknologi java 2 Enterprise Edition (J2EE). JSP sangat sesuai dan tangguh untuk menangani presentasi di web dengan dukungan Application Programming Interface (API) yang lengkap dan portabilitas serta memberikan sarana untuk membuat suatu aplikasi yang memisahkan antara business logic (sistem), presentasi dan data (Rickyanto, 2002).
JSP diciptakan untuk menyederhanakan layer presentasi yang bersifat dynamic dan static content yaitu memisahkan isi yang bersifat statis dengan isi yang bersifat dinamis pada suatu halaman. JSP dirancang sebagai layer presentasi dari suatu aplikasi web, dimana JSP menambahkan program java pada halaman web yang bersifat statis (Setyabudi, 2002).
Halaman JSP juga mengandung unsur-unsur yang memungkinkan server untuk memasukkan contentJSP dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya mengambil informasi dari database. JSP menetapkan sejumlah elemen standar yang berguna untuk aplikasi web, seperti mengakses komponen JavaBean ( built-in yang mendukung untuk penggunaan komponen software yang dapat digunakan kembali dinamis di halaman. Unsur ).
 Contoh :
<HTML>
<TITLE>Selamat Datang</TITLE>
<BODY>
<H1> Greetings!</H1> <br>
Terimakasih telah mengakses site kami. <br>
Waktu hari ini <%= new java.util.Date()%>
</BODY>
</HTML>

File diatas adalah file JSP yang simple yang melakukan penyambutan untuk site user sebagai penginformasian tanggal dan waktu saat ini untuk user. Dari contoh tersebut kita dapat melihat bahwa file JSP merupakan sebagian besar dari HTML. Hanya pada bagian ini yang beda :
<%= new java.util.Date()%>

Hal ini merupakan bagian dari kode Java untuk menampilkan hari dan tanggal pada saat itu juga. Hal ini mempermudah unutk membuat objek baru untuk membuat objek Date dan menampilkannya sebagai String.


No Response to "Java Server Pages (JSP)"

Posting Komentar